Beda dari Indonesia, Begini Tradisi Lebaran Unik di Negara China

Setiap negara tentu memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan lebaran Idul Fitri. Salah satunya adalah China.

China merupakan negara dengan masyarakat yang minoritas muslim, namun bukan berarti tradisi ketika hari raya Idul Fitri tiba akan menghilang. Fakta dari tradisi Idul Fitri di negara ini bahkan sangat meriah setiap tahunnya.

Kemeriahan lebaran di China diwarnai dengan akulturasi budaya Islam dengan budaya yang dijunjung tinggi oleh negara China. Dengan begitu, tradisi berjalan begitu unik.

Apa saja tradisi lebaran yang unik di China? Check this out!

1.    Sembahyang di Area yang Luas

Di hari lebaran, setiap daerah di Indonesia pasti akan menggelar sholat jama’ah secara besar-besaran. Hal ini juga berlaku di China.

Ketika hari raya tiba, umat muslim akan mengawali perayaan Idul Fitri dengan beribadah Bersama di sebuah masjid atau area yang luas dan bisa menampung banyak jamaah sholat.

Biasanya, masjid yang sering digunakan adalah Masjid Id Kah di Kashgar, Xinjiang. Masjid ini memang menjadi masjid terbesar di China, bahkan usianya mencapai 500 tahun.

Selain umat muslim, masjid Id Kah biasanya juga dikunjungi oleh masyarakat etnis Hul. Selain beribadah dan berdoa, biasanya perayaan dilanjut dengan aktivitas unik berupa menari Bersama setelah beribadah.

2.    Memanfaatkan Waktu Kebersamaan

Sama halnya seperti di Indonesia, kebersamaan juga menjadi salah satu point terpenting bagi umat Muslim di China. Perayaan Idul Fitri merupakan salah satu momen kebersamaan keluarga yang unik seusai beribadah.

Biasanya, umat muslim di China akan menggelar makan Bersama di rumah sambil menikmati hari raya dengan bernyanyi dan menari Bersama hingga pesta makan-makan.

3.    Mengunjungi Makam dan Upacara Khusus

Ketika lebaran tiba, para umat muslim di China akan berziarrah ke kuburan orang yang mereka sayangi seperti keluarga atau kerabat.

Mereka juga akan berdoa untuk pengampunan dosa bagi mereka yang sudah tiada dan yang masih sehat wal afiat.

Selain itu, ada juga upacara khusus sebagai bentuk penghormatan kepada sesama umat muslim yang gugur di masa Dinasti Qing serta Revolusi Kebudayaan silam.

4.    Makanan Khas

Jika Indonesia punya makanan khas berupa ketupat, opor ayam, hingga rendang, maka China juga memiliki makanan khas untuk lebaran berupa mie lamian.

Mie lamian atau mie Tarik adalah menu special yang selalu dihidangkan saat perayaan Idul Fitri di China. Mie ini berukuran Panjang dan bisa dibentuk dengan tangan.

Arti dari penyajian mie lamian sendiri adalah sebagai lambing dari Panjang umur.

Biasanya, makanan khas di masing-masing wilayah China berbeda-beda. Di bagian utara, biasanya menggunakan bahan utama berupa daging sapi.

Sedangkan di bagian selatan, umat muslim di sana lebih suka dengan bahan makanan laut, angsa, atau bebek.

Peraturan menyembelih hewan ternak di China juga berpengaruh terhadap makanan khas lebaran yang dihidangkan.

5.    Pakaian Khas

Biasanya, umat muslim di Indonesia akan menggunakan busana yang bernuansa islami, seperti gamis untuk wanita dan baju koko untuk pria.

Di China, umumnya busana yang digunakan lebih simple dengan nuansa islam.

Pria akan menggunakan jas dan kopiah putih, sedangkan wanita menggunakan baju hangan dan kerudung yang setengah tertutup (pakaian khas China).

Baca juga:

Ledakan Meriam Ramadhan, Tradisi Unik Sambut Lebaran di Berbagai Negara Muslim

 

6.    Mendatangi Bazaar

Setelah umat muslim melaksanakan ibadah Shalat Id, selanjutnya yang akan mereka lakukan adalah berkunjung ke bazaar untuk menghabiskan waktu Bersama keluarga.

Biasanya, bazaar digelar di tempat yang sama dengan tempat ibadah umat muslim. Salah satunya bazaar yang ada di dekat kawasan masjid tertua dan terbesar di Beijing, Masjid Niujie.

Kemudian, orang-orang akan berdatangan dan menyerbu stand makanan serta minuman, busana, perlengkapan muslim, dan barang lainnya.

Merayakan hari lebaran di negara lain tentu akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda. Hal unik apalagi yang bisa Anda temukan ketika merayakan lebaran di China?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.