Bawa Oleh-oleh Khas Indonesia untuk Kerabat di Luar Negeri, Apa Pilihannya?

Indonesia memiliki banyak sekali keragaman mulai dari wisata, alam, hingga budayanya. Bicara soal budayanya, tiap daerah tentu memiliki budaya dan ciri khasnya masing-masing.

Biasanya, terlihat dari cinderamata khas yang dijual di daerah setempat. Entah itu makanan, souvenir, miniature, atau benda-benda khas lainnya.

Dengan begitu, Indonesia memiliki banyak souvenir unik yang beragam untuk dijadikan buah tangan untuk wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Untuk itu, apa saja oleh-oleh khas Indonesia yang cocok untuk menjadi buah tangan rang asing ketika berkunjung ke negeri ini? Simak berikut ini.

1.    Batik

Batik selalu menjadi urutan pertama untuk menjadi oleh-oleh wisatawan lokal maupun asing. Kain khas Indonesia dengan corak yang beragam ini membutuhkan Teknik khusus serta ketelitian yang tinggi dalam proses pembuatannya.

Prosesnnya juga membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan batik berkualitas sempurna. Batik telah dicatat sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO.

Dengan banyak corak dan beragam makna, batik bisa menjadi oleh-oleh untuk orang asing agar ciri khas Indonesia semakin terkenal dunia.

Jenis-jenis batik bisa berbeda antar daerah. Mulai dari batik keraton, batik mukti, batik petani, hingga yang lainnya.

2.    Wayang

Tak kalah dari batik, wayang juga memiliki eksistensi yang tinggi di dunia seni Indonesia. Wayang merupakan boneka khas yang dipertontonkan secara umum dengan beragam cerita.

Ada beberapa jenis wayang berdasarkan materialnya, mulai dari wayang orang, kayu, bambu, motekar, hingga wayang kulit.

Wayang kini telah masuk dalam warisan mahakarya dunia oleh UNESCO karena memiliki keunikan tersendiri.

Itulah beberapa alasan mengapa wayang merupakan salah satu oleh-oleh terbaik untuk para turis asing.

3.    Kopi

Anda pasti sudah tahu jika Indonesia memiliki jenis kopi yang sangat beragam bahkan beberapa diantaranya tidak bisa ditemukan di luar negeri.

Beberapa kopi khas Indonesia yang sedang popular mulai dari kopi luwak, kopi toraja, kopi gayo dan kowi wamena.

Karena kopi khas Indonesia sangat beragam, maka rasa setiap jenis kopinya juga memiliki ciri khasnya masing-masing.

Kini kopi sudah dikemas dengan rapih dan bisa menjadi buah tangan turis asing agar dapat dikonsumsi di negaranya.

4.    Sambal Khas

Tahukah Anda, ternyata jenis sambal khas yang bertebaran di Indonesia bisa menjadi oleh-oleh bagi para turis asing, lho!

Kekayaan rempah pada sambal khas Indonesia tentu tidak dapat ditemukan di luar negeri. Beberapa diantaranya adalah sambal cabe ijo, sambal terasi, sambal kecap, sambal matah, dan banyak lagi yang lainnya.

baca juga:

Jangan Percaya! 6 Takhayul Wisata ke Luar Negeri yang Menghambat Perjalanan

 

5.    Miniatur Khas

Souvenir yang satu ini sangat unik dari segi bentuk dan pembuatannya. Souvenir seperti ini mudah ditemukan di area Monas, Jakarta serta Borobudur.

Biasanya miniature yang dibuat dibentuk mirip dengan bangunan atau benda khas Indonesia dengan harga yang relatif murah.

Bisa dijadikan pajangan, ada juga yang dibetuk seperti gantungan kunci.

6.    Teh

Selain kopi, teh juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, teh hitam kayu aro menjadi salah satu teh terbaik di dunia yang disandingkan dengan teh putih Fujian dari China.

Selain itu, masih ada banyak teh lainnya yang rasanya juga sangat khas seperti teh hitam, teh oolong, teh melati serta teh hijau.

7.    Olahan Makanan Khas

Kekayaan rempah-rempah di Indonesia membuat negara ini memiliki beragam olahan makanan khas yang nikmat. Salah satunya adalah rendang.

Rendang telah berhasil menyandang gelar sebagai makanan terlezat di dunia.

Masakan dengan rempah-rempah asli Indonesia memang sangat khas, oleh karena itu sangat cocok untuk menjadi oleh-oleh orang asing. Beberapa diantaranya adalah bakpia, telur asin, bika ambon, dan yang lainnya.

8.    Kain Tenun

Selain batik, ada juga kain tenun yang kini mendunia. Secara turun menurun, kesenian kain tenun memiliki kualitas yang sangat baik dan mampu bersaing dengan kain kelas dunia.

Salah satu kain tenun yang mendunia di Indonesia adalah kain songket khas Sumatra dengan kualitas baik serta motif indah.

9.    Pahatan Kayu

Tak hanya miniatur, Indonesia juga memiliki pahatan kayu yang sangat indah di berbagai daerah dengan material yang beragam. Kayu biasanya disulap menjadi berbagai kerajinan mulai dari topeng dan pajangan dinding.

Harganya juga tergantung akan material dan tingkat kesulitannya. Semakin sulit, maka harga juga semakin bombastis. Namun, harga bergantung pada kualitas yang diberikan.

Inilah Indonesia, negeri yang penuh keberagaman. Semoga beberapa poin diatas bisa menjadi salah satu referensi untuk membuat Indonesia semakin maju dan mendunia.

Dengan cinderamata yang lebih dikenal wisatawan asing, maka keunikan dari Indonesia juga akan semakin dikenal. Cintai produk Indonesia dan majukan negeri ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.