Ada Burung Buraq, Ragam 7 Tradisi Unik Isra’ Mi’raj di Nusantara

Beberapa hari lagi, kita sebagai umat muslim akan memperingati Isra Miraj. Perayaan ini sangat special karena merupakan hari dimana Rasulullah SAW melakukan perjalanan dalam waktu semalam yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Kejadian inilah asal mula Rasulullah mendapatkan perintah untuk menunaikan sholat sebanyak 5 waktu dalam sehari semalam. Oleh karena itu, sebagai umat islam hari ini adalah hari yang sangat bersejarah.

Ternyata, perayaan Isra Miraj di setiap daerah di Indonesia cukup unik, lho! Setiap daerah memiliki tradisi khasnya masing-masing untuk merayakan hari besar ini.

Apalagi tanggal merah dan semua orang libur sehingga tradisi akan berjalan lancar. Apa saja Peryaan Isra Miraj yang biasanya digelar di Indonesia? Simak berikut ini.

1.    Khatam Kitab Arjo – Jawa Tengah

Tradisi pertama adalah Khatam Kitab Arjo, tradisi peryaan Isra Miraj yang diselenggarakan di Jawa Tengah, tepatnya di kawasan Temanggung.

Acara ini digelar selepas Isya. Acara akan dimulai dengan tahlil singkat yang selanjutnya dilanjutkan dengan membaca kitab Arja.

Kitab ini bertuliskan tulisan arab pegon yang dikarang oleh KH Ahmad Rifai Al-Jawi yang isinya adalah detail kisah Isra Miraj sendiri.

2.    Rejeban Peksi Buraq – Yogyakarta

Dari tahun ke tahun, perayaan Rejeban Peksi Buraq di Yogyakarta selalu berlangsung di Keraton Yogyakarta.

Perayaan ini diberi nama Rejeban Peksi Buraq karena terinspirasi dari burung buraq, burung kendaraan Nabi Muhammad ketika melakukan perjalanan Isra Miraj. Simbol dari burung buraq sendiri dibuat dengan kulit jeruk.

Acara akan dimulai dari keraton Yogyakarta, susunan gunungan buah selanjutnya akan dibawa menunju serambi Masjid Kauman. Setelah pengajian, gunungan buah tersebut akan dibagikan.

3.    Rajaban – Jawa Barat

Masyarakat Jawa Barat tepatnya Cirebon memiliki tradisi unik setiap Isra Miraj. Tradisi bernama Rajaban ini merupakan aktivitas ziarah ke Plangon.

Ada 2 makam penyebar ajaran Islam di sana ayitu Pangeran Kejaksan serta Pangeran Panjunan. Di Keraton Kesepuhan juga diadakan pengajian yang boleh diikuti siapa saja.

Di akhir acara aka nada nasi bogana yang terdiri atas kentang, ayam, telur, tempe, tahu, bumbu kuning dan parutan kelapa.

Makanan ini nantinya akan dibagikan ke warga keraton, abdi dalem, masyarakat mager sari, serta kaum masjid.

4.    Nganggung – Bangka Belitung

Bangka Belitung terkenal akan pulaunya yang sangat indah dan cantik. Selain menikmati indahnya alam Bangka Belitung, nikmati pula proses tradisi Nganggung di sini.

Masyarakat akan membagikan makanan seperti kue, buah, atau nasi dan lauknya. Uniknya, makanan ini akan diantarkan dengan menggunakan rantang.

5.    Nyadran Desa – Jawa Tengah

Tradisi Nyadran Desa merupakan tradisi yang sayang untuk dilewatkan di Kecamatan Gunungpati, Siwarak. Masyarakat akan mengadakan kirab budaya seperti arakan replica hewan serta hasil bumi yang diiringi musik khas.

Di sesi terakhir, aka nada penampilan atraksi menarik seperti pencak silat, tarian, hingga cerita awal mula Sirawak.

6.    Tradisi Ambengan – Hampir Seluruh Wilayah Jawa

Tradisi ini mungkin sudah tidak asing lagi di Jawa. Namanya mungkin berbeda, namun prosesnya tetap sama yaitu makan bersama masyarakat.

Orang-orang akan membawa makanan ke masjid sebelum sholat Magrib. Setelah jamaah sholat serta dilakukan pengajian, makanan akan dibagikan untuk makan Bersama dan bisa dibawa pulang.

7.    Marhabanan – Jawa Barat

Bogor tepatnya Desa Malasari memiliki tradisi penyambutan Isra Miraj dengan pengajian yang digelar dengan pimpinan ustad atau tokoh agama setempat.

Biasanya mereka akan melakukan pembacaan Qasidah dan dikemas dalam syair indah seperti lagu yaitu nadhom. Acara ini akan ditutup dengan makanan Bersama dan dilanjut dengan shalat isya.

Itulah tradisi unik  perayaan Isra Miraj yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Tentu saja masih banyak tradisi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Untuk wilayah tempat tinggal Anda, tradisi perayaan Isra Miraj seperti apa?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.