Ada Apa dengan Budaya Urang Kanekes? Cari Tahu di Seba Baduy!

Membicarakan budaya Indonesia memang tidak ada habisnya mengingat hampir tiap daerah di tanah air memiliki budaya khasnya masing-masing.

Kayanya budaya Indonesia inilah yang membuat wisatawan mancanegara terus berdatangan ke tanah air. Bahkan banyak wisatawan mancanegara yang singgah di Indonesia dalam kurun waktu lama karena penasaran dengan budayanya.

Berbagai budaya Indonesia ini pun bisa dilihat melalui beragam festival yang diselenggarakan di tiap daerah. Salah satu festival yang menarik perhatian masyarakat adalah Seba Baduy.

Memang apa sih yang membuat Seba Baduy ini unik? Daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa fakta menarik tentang Seba Baduy satu ini!

 

Selalu ditunggu masyarakat

Keistimewaan dari Seba Baduy ini bisa kita lihat langsung dari aniom masyarakat yang selalu besar setiap saat.

Kabar baiknya, Seba Baduy merupakan festival tahunan sehingga kita bisa menyaksikannya setiap setahun sekali.

Perlu diingat kalau Seba Baduy selalu diselenggarakan dengan tanggal yang berubah tiap tahunnya sehingga kita perlu memantau terus tanggalnya.

 

Keunikan budaya Urang Kanekes

Lalu sebenarnya apa sih yang membuat Seba Baduy unik? Tentu saja banyak! Salah satunya adalah kita bisa melihat langsung Urang kanakes melakukan long march hingga ratusan kilometer.

Bahkan disebut-sebut jika Seba Baduy  ini diikuti lebih dari seribu Urang Kanekes tiap tahunnya lho! Seperti yang diketahui, Urang Kanekes adalah suku asli Indonesia yang tetap mempertahankan cara hidup tradisional di jaman serba canggih ini. Terbayang kan betapa uniknya kehidupan Urang Kanekes ini?

 

Urang Kanekes yang tidak pernah keluar daerahnya

Keunikan Urang Kanekes pastinya tidak berhenti sampai di situ saja mengingat suku ini adalah suku asli Indonesia yang membatasi lingkup pergaulannya.

Urang Kanekes alias suku Baduy sendiri sebenarnya tidak tinggal di peadalaman dan tepatnya bisa ditemukan di sebelah barat Kota Jakarta.

Hanya saja Urang kanekes ini tidak berani keluar dari daerah kekuasaannya  dan hidup dengan caranya sendiri.

Tidak heran jika Urang Kanekes ini bisa menghindari modernisasi yang rasanya cukup mustahil terjadi di masa sekarang.

 

Adanya ritual melakukan ziarah

Daya tarik Seba Baduy memang terletak pada budaya Urang Kanekes, di mana kita bisa menyaksikan langsung ribuan Urang Kanekes yang melakukan ziarah selama festival ini berlangsung.

Ziarah yang dilakukan pun tidak main-main, di mana jarak tempuh ziarah ini diperkirakan mencapai 115 kilometer.

Tentunya Urang Kanekes pun berziarah dengan berjalan kaki, yang dimulai dari menuruni Pegunungan Kendeng lalu memasuki Kota Serang yang merupakan Ibukota Provinsi Banten.

Tiap Urang Kanekes membawa seserahan yang bisa berupa sayuran, buah, ataupun sajian lainnya yang merupakan lambang terima kasi terhadap pejabat provisi.

 

Tradisi yang sudah berjalan sejak abad ke-15

Pastinya penasaran kan dengan ziarah yang hanya dilakukan selama event ini berlangsung? Namun siapa sangka jika ziarah ini sudah ada sejak abad ke-15?

Yup, ritual ini merupakan nilai dari leluhur tepatnya sejak jaman kesultanan Banten. Ziarah ini nantinya ditutup dengan Seba, di mana orang selain Urang Kanekes dilarang masuk ke wilayahnya selama 3 bulan.

baca juga:

Bali Spirit Festival: Semarak Agenda Budaya dan Event Menarik Bernilai Positif

 

Banyak pertunjukan tradisional lainnya

Apakah hanya ritual Urang Kanekes saja yang bisa kita saksikan selama event ini berlangsung? Tentu saja tidak!

Masih banyak budaya Baduy lainnya yang bisa kita saksikan, seperti berbagai tarian tradisional, marching band, teater wayang golek kayu, dan masih banyak lagi.

Yakin mau melewatkan event yang akan kembali diselenggarakan tahun ini?

 

Durasi Seba Baduy yang cukup lama

Kapan sih Seba Baduy diselenggarakan? Sebelum datang ke Seba Baduy, pastilah kita perlu tahu kapan tanggal diselenggarakan festival ini supaya tidak ketinggalan serangkaian acaranya.

Berbeda dengan festival kebudayaan lainnya, Seba Baduy ini berlangsung cukup lama yaitu sekitar satu minggu. Misalnya saja Seba Baduy tahun lalu yang diselenggarakan dari tanggal 24 Maret sampai 31 Maret 2019.

Nah bagaimana? Pastinya tambah penasaran kan dengan keseruan Seba Baduy setelah mengetahui beberapa fakta yang disebutkan barusan kan?

Kapan lagi sih melihat Urang Kanekes berinteraksi dengan orang lain dan menjalankan ritualnya yang hanya dilakukan setahun sekali?

Yuk segera rencanakan perjalanan ke Banten dan saksikan langsung keseruan Seba Baduy!

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.