9 Daftar Wisata Budaya di Bali Bagian Timur

Berwisata budaya di Bali bagian timur, umumnya ada banyak jenis wisata religi. Meski demikian, wisata religi di Bali tidak bisa dilepaskan begitu saja dari wisata budaya. Keanekaragaman agama dan suku di indonesia telah mengakar hingga membentuk budaya dan beragam adat istiadat. Tak terkecuali di Bali bagian timur, wisata budaya di Bali timur lebih dominan dengan wisata pura serta keramahan penduduk asli Bali yang sudah disulap menjadi desa wisata. Tanpa banyak kata, marilah kita kunjungi satu per satu daftar-daftar wisata budaya yang bisa Anda singgahi jika berkunjung ke Bali bagian timur:

 

Batur Geopark
travelmatekamu.com
travelmatekamu.com

Wisata budaya ke Batur Geopark sungguh memberi kesan mendalam bagi setiap insan yang pernah berkunjung. Bayangkan saja? Batur Geopark keindahannya sudah diakui secara Internasional oleh UNESCO sebagai taman geopark pertama di Indonesia.

Soal panorama alam tidak perlu diragukan lagi, sungguh indah! Tidak hanya pegunungan hijau yang terpampang di hadapan mata, namun juga danau, serta gunung berapi aktif ditambah kekayaan hayati serta keramahan para penduduk yang menjadi suatu paket wisata budaya yang komplit.

Suasana segar dan sejuk pegunungan, membuat para pengunjung betah menikmati bukit Kintamani. Bukit yang populer akan ras anjing berwajah garang bak serigala tapi berbulu selembut kapas permadani.

Kondisi alam yang berada di dataran tinggi, membuat Batur sangat cocok dijadikan perkebunan sayur dan buah-buahan. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyempatkan diri berbelanja aneka sayuran dan buah lokal seperti jeruk siam ataupun salak.

Atraksi wisata di sekitar Batur yang tak kalah menakjubkan adalah Desa Trunyan, di mana para pengunjung dapat menyaksikan upacara pembakaran mayat Ngaben dan hutan cendana yang wangi untuk menyamarkan bau jenazah.

 

Desa Penglipuran
gungtr4paris.wordpress.com
gungtr4paris.wordpress.com

Bukan hal yang aneh jika berlibur memang untuk menghibur hati, bukan? Nah, urusan menghibur, Desa Penglipuran ahlinya. Bisa dikatakan hampir 80% penduduk Desa Penglipuran adalah keturunan para penghibur raja-raja Bali pada masa lalu hingga kini. Darah seni dan entertainer, begitu kental mengalir di setiap nadi penduduk Desa Penglipuran. Baru saja melangkah memasuki pintu gerbang desa, Anda akan disambut deretan rumah-rumah adat khas Bali yang mirip seperti candi dan pura berjajar rapi. Semua rumah adat memiliki ciri khas Bali dan sangat bersih serta tenang. Membikin hati para pengunjung yang masuk ke Desa penglipuran ikut tenteram dan senang.

 

Desa Tenganan

 

wego.co.id
wego.co.id

 

inputbali.com
inputbali.com

Masih bertualang di sekitar Bali bagian timur, adalah Desa Tenganan yang termasuk dalam wilayah desa Bali aga. Bali aga adalah istilah untuk menyebut Bali kuno. Warga masyarakat Bali kuno konon adalah keturunan warga asli yang menduduki pulau dewata sejak abad ke-15. Pada waktu itu, penduduk Bali masih sedikit dan belum padat karena adanya warga Jawa yang melarikan diri dari kerajaan Majapahit ke Bali. Di Desa Tenganan, para pengunjung dapat membawa pulang kain tenun Gringsing serta melihat upacara adat ritual Makare-kare, yaitu ritual pertarungan dua orang memakai senjata daun pandan untuk menghormati Dewa Indra.

Taman Air Sukasada
balitraveler.net
balitraveler.net

Taman Air Sukasada keindahan sudah tidak perlu dipertanyakan lag. Saking indahnya, memasuki Taman Air Sukasada bak berkunjung ke negeri dongeng. Maklum saja, taman air ini memang sejak awal diperuntukkan bagi pemandian dan tempat peristirahatan raja Karangasem. Memadukan seni arsitektur dari Eropa serta nuansa Bali, menciptakan sebuah lokasi wisata yang teramat sayang untuk dilewatkan. Tidak heran jika taman air yang berada di dekat wilayah Lombok, tepatnya di kota Ujung ini kerap menjadi sasaran favorit para fotografer pre-wedding.

 

Baca Juga : Travel Wisata Bali – Bali dengan Sejuta Kejutannya

 

Tirta Gangga, Bali
maribalitours.com
maribalitours.com

Seperti namanya, tirta yang berarti air. Tempat wisata yang satu ini juga merupakan taman air atau kolam air. Tapi, yang membuatnya menarik adalah dari segi budaya dan sejarah yang melatar-belakanginya. Sumber air Tirta Gangga dahulu dibangun untuk keluarga raja-raja di Bali yang ingin mandi atau beristirahat. Kemudian, kondisi air yang melimpah, juga digunakan untuk mengairi sawah para penduduk. Setting lokasi Taman Air Tirta Gangga sangat memukau. Dihiasi 11 air mancur serta patung-patung karya seniman Bali yang menjadi abdi kerajaan Karangasem. Sekali datang, Anda pasti ketagihan untuk kembali berkunjung.

 

Candi Dasa

ramacandidasahotel.com
ramacandidasahotel.com

Apa yang membuat para pecinta plesiran harus datang ke Candi Dasa? Ini bukan seperti candi biasa yang berada di tengah perumahan penduduk atau di sekitar kota, melainkan berada di dekat pantai. Pemandangan pantai yang diselingi suara debur ombak, membuat suasana Candi Dasa sangat cocok untuk menenangkan diri dan beribadah bagi para penganut Hindu.

Di sekitar lokasi Candi Dasa, para penduduk juga dapat menikmati kelezatan aneka seafood yang bermacam-macam seperti udang, cumi-cumi, ikan kakap, mahi-mahi dan masih banyak lagi.

Jika Anda adalah tipe wisatawan yang ingin liburan penuh ketenangan dan kedamaian, cobalah menginap di sekitar lokasi Candi Dasa. Dijamin tidak akan menyesal deh…

 

Tulamben
xray-mag.com
xray-mag.com

Surga snorkeling dan diving ini bisa menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya. Dari segi wisata budaya di Bali timur, Tulamben termasuk dalam sejarah perang dunia ke-2, di mana ada kapal kargo Amerika, USAT Liberty karam karena ditembak oleh kapal selam Jepang pada tahun 1942.

Hingga kini sisa puing kapal Liberty masih bisa disaksikan dari kedalaman 5 meter. Kalau enggan diving atau menyelam terlalu jauh, memakai peralatan snorkeling saja sudah bisa terlihat dari permukaan.

Untuk wisata belanja, silakan Anda datang pagi-pagi sekaligus berolahraga jogging ke pasar lokal.

 

Pura Goa Lawah
ekabalitour.com
ekabalitour.com

Dalam bahasa Bali, lawah berarti kelelawar. Anda pasti sudah bisa menerka, Pura Goa Kelelawar berisi ribuan kelelawar yang berkembang biak sejak ratusan tahun lampau. Masyarakat setempat meyakini bahwa Pura Gua Lawah adalah pura suci yang dikeramatkan. Pasalnya, di dalam gua kelelawar ini terdapat sesosok naga yang sangat besar bernama Vasuki. Sejumlah stasiun TV nasional, pernah mencoba adu nyali untuk menguak tabir misteri di dalam Pura Goa Lawah.

Dari segi wisata budaya di Bali timur, Pura Goa Lawah merupakan peninggalan sejarah yang dibangun pada tahun 1000 atau abad ke-9. Gosipnya, Pura Goa Lawah jika ditelusuri akan berakhir di Gunung Agung.

Mungkin pesona yang misterius inilah yang membuat para penggemar wisata malam kian penasaran untuk membuktikan misteri mitos naga raksasa yang beredar. Anda tertarik beradu nyali di sini?

 

Pura Besakih
wheresmypandit.com
wheresmypandit.com

Masih menelusuri wisata budaya di Bali timur, silakan menyaksikan kemegahan pura terbesar di se-antero pulau dewata yaitu Pura Besakih. Saking besar dan megahnya, total ada 23 pura yang berada di dalam kompleks Pura Besakih. Sebagai pura terbesar dan termegah, tidak heran jika Pura Besakih lantas dijadikan tempat berkumpul atau pusat perayaan hari besar keagmaan hindu seperti Galungan, Kuningan, dan upacara adat lainnya.

Lokasi Pura Besakih yang berada di atas ketinggian 1.000 meter di kaki gunung tertinggi di pulau dewata, Gunung Agung, membuat pesona kemegahannya tampak semakin elok menjulang.

Suasana sejuk dan segar pegunungan membikin Anda sekeluarga bisa sekaligus berolahraga ketika berwisata budaya Bali di pura besakih.

Sekadar informasi bagi para wisatawan, konon katanya ada beberapa oknum  penjaja oleh-oleh di sekitar Pura Besakih yang sering memaksa para wisatawan untuk membeli dagangan mereka, hingga hal ini sering dikeluhkan dan membuat para pelancong kurang nyaman.

Tapi, jangan kecewa, itu hanya segelintir oknum pedagang nakal yang kurang bertanggung jawab.

Di sisi lain Pura Besakih, masih ada banyak pedagang yang memberikan harga terbaik dengan barang yang berkualitas. Tipsnya, Anda bisa menyewa agen travel wisata ataupun pemandu wisata lokal agar tidak tergelincir dengan harga mahal tapi kualitas rendah.

Yuk, berwisata budaya Bali untuk lebih mengenal sejarah dan budaya Bali yang adi luhur. Kami siap mengakomodasi perjalanan wisata budaya Anda ke pulau dewata… (Jari Adventure-detty-image: santabali.com)

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.