7 Momen Nuansa Nasional Pada Pekan Batik Pekalongan, Anda Wajib Tahu!

Pekan Batik Pekalongan merupakan sebuah parade dengan display performance menggunakan baju berbahan batik.

Event ini sengaja dibuat untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan memperingati hari Batik nasional melalui berbagai acara bertema batik yang dikemas secara street art.

Event ini menjadi kegiatan tahunan karena Pekan Batik Pekalongan dinilai meraih kesuksesan dengan animo 95.000 pengunjung.

Bagi anda yang penasaran bagaimana batik bisa dimanfaatkan lebih dari sekadar baju biasa. Tentu Pekan Batik Pekalongan dapat menjadi insipirasi bagi anda.

Selain mendapatkan inspirasi, anda pun dapat menikmati moment nasional dari berbagai penampilan dalam event ini. Berikut 7 moment nuansa nasional yang akan anda dapatkan saat mengunjungi Pekan Batik Pekalongan.

Daya Tarik Budaya Indonesia

Adanya batik dalam kebudayaan Indonesia tentu menjadi salah satu pusaka nasional bagi kita sebagai warga negara untuk melestarikannya.

Hal ini menjadi daya tarik bagi negara lain untuk melihat bagaimana kita melestarikan dan mempromosikan batik kepada masyarakat maupun global dengan mengemas batik menjadi lebih menarik.

Tentu ketika anda datang ke Pekan Batik Pekalongan, anda akan melihat beberapa tamu dari luar negeri yang sengaja hadir untuk melihat budaya negeri kita melalui batik.

Anda akan melihat beberapa duta hadir di event ini seperti duta Ukraina, Peru, Mesir, dan Swiss. Anda pun dapat mengabadikan moment dan menunjukan bahwa batik dapat menjadi daya tarik di kancah internasional.

Festival Kuliner Lokal

Pada Pekan Batik Pekalongan, anda dapat mencicipi berbagai kuliner lokal di festival Pekan Batik Pekalongan. Tentu ini menghindari anda dari kelaparan, bukan?

Festival kuliner sengaja diadakan untuk memperkenalkan makanan khas pekalongan dan sekitarnya. Bahkan pada festival ini anda akan menemukan sajian jamu. Anda pasti akan selalu berenergi dan kenyang setelah mengunjungi festival ini.

Pagelaran Seni

Jika anda berfikir akan merasa bosan datang ke Pekan Batik Pekalongan, tentunya hal itu tidak akan terjadi. Selain parade batik yang akan ditampilkan, event ini pun menggelar pentas seni budaya.

Beberapa seniman sengaja didatangkan dari berbagai daerah dan akan dipentaskan di kawasan museum Batik Indonesia.

Fashion Show dan Karnaval Batik

Anda akan mendapatkan banyak kegiatan saat mengisi liburan di Pekan Batik Pekalongan. Bagaimana tidak? Ada banyak acara yang sangat menarik dan dapat anda abadikan seperti Fashion Show dan Karnaval Batik.

Kedua acara ini merupakan acara yang paling ditunggu karena dapat menikmati setiap penampilan khususnya design yang akan digunakan oleh setiap model.

Pastinya anda perlu menyiapkan kamera agar dapat mengabadikan kostum unik yang ditampilkan.

Edukasi di Kampung Batik

Untuk lebih mencintai budaya nasional kita, kampung Batik menjadi salah satu jawaban terbaik. Anda dapat mempelajari bagaimana cara pengrajin membuat motif batik bahkan anda akan menemukan berbagai jenis batik yang diproduksi di Pekalongan.

Selain meningkatkan pengetahuan, anda pun dapat berjalan-jalan di kampung Batik dan mempelajari kekhasan batik yang ada di Kampung tersebut. Tentunya jika anda pengoleksi kain batik, anda dapat menambah koleksi batik lebih banyak.

Peningkatan Pemasaran Batik

Pekan Batik Pekalongan menjadi salah satu moment untuk meningkatkan pemasaran batik di Indonesia maupun mancanegara.

Tentu hal ini dapat membantu para pengrajin batik mengembangkan usahanya ke sektor yang lebih luas. Momen ini cocok untuk pengusaha atau seseorang yang berniat untuk melakukan bisnis jual beli kain batik.

Selain itu, ideal bagi seorang fashion designer sebagai salah satu event pendukung untuk mendapatkan kain batik dengan kualitas yang premium.

Anda akan secara langsung mendapatkan berbagai jenis batik yang mungkin tidak ditemukan dengan mudah di daerah anda.

Warisan Budaya Tak Benda

Sebagai event yang dapat mendatangkan banyak animo. Tentunya Pekan Batik Pekalongan bukan sekadar event biasa.

Setelah anda mengunjungi event ini, maka anda sudah mendatangi event yang menjadi warisan budaya nasional.

Bahkan event ini dinobatkan oleh UNESCO sebagai event yang merupakan warisan budaya tak benda. Event ini sering disebut sebagai Pekan Batik Nasional.

Nah, bila Anda tertarik mendapatkan batik – batik berkualitas bahkan batik langka, silakan berkunjung ke Pekan Batik Nasional di Pekalongan yang biasanya digelar di awal bulan Oktober.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.