6 Kesenian Budaya Khas Lombok yang Menarik dan Unik

Lombok terkenal sebagai destinasi wisata tropis yang eksotis, alternatif dari Pulau Bali yang juga tak kalah terkenal.

Lombok terkenal dengan sederet pantainya yang indah dan menawan. Adapun berbagai fasilitas telah tersedia untuk mendukung liburan yang nyaman di Lombok.

Selain gemerlap dunia hiburan dan pesona alam Lombok, daerah ini juga memiliki daya tarik seni budaya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai keunikan seni tradisional yang masih dibudidayakan, salah satunya dengan mengadakan pertunjukan.

Berikut beberapa rekomendasi pertunjukan kesenian budaya khas Lombok yang bisa anda saksikan.

1. Pertunjukan Musik Gendang Beleq

Gendang Beleq merupakan instrumen tabuh tradisional berukuran besar yang dimainkan oleh banyak musisi. Gendang Beleq pada awalnya merupakan instrumen musik perang yang dibawakan oleh Suku Sasak di Lombok.

Bunyi gendang yang menderu dan kencang diyakini dapat memberi semangat dan keberanian bagi para prajurit saat sedang berperang.

Seiring berkembangnya jaman, instrumen tradisional ini digunakan sebagai pengiring tarian dan berbagai pertunjukan untuk kebutuhan hiburan. Kita dapat melihat Gendang beleq pada berbagai festival seni kebudayaan di Lombok.

Sampai sekarang, Gendang Beleq masih memiliki nilai sakral dan spiritual bagi Suku Sasak, terutama untuk mengenang para prajurit perang di masa lalu.

2. Tari Gandrung

Tari Gandrung merupakan tarian khas Lombok yang populer. Tarian ini bisa ditampilkan oleh satu penari perempuan atau lebih.

Dulunya tari Gandrung hanya dipertunjukan pada malam hari. Namun sekarang kita bisa menyaksikan tarian tradisional ini kapan pun.

Tari Gandrung biasanya ditanggap oleh masyarakat sedang memiliki hajatan besar seperti pernikahan atau sunatan. Pemerintahan juga selalu menampilkan tarian Gandrung dalam acara-acara besar daerah.

Tari Gandrung awalnya merupakan tari tradisional yang dibawakan sebagai ucapan syukur warga akan hasil panen. Tarian ini biasa ditampilkan dengan para musisi gamelan dengan durasi kurang lebih 10 menit.

3. Periseian

Seni bela diri tradisional Lombok yang dibawakan oleh dua pemuda. Periseian merupakan bela diri dengan masing-masing petarung yang membawa tongkat dan perisai dari kulit hewan.

Keduanya mengenakan kain hitam sebagai bawahan dan ikat lengan serta kepala untuk menunjukan wibawa seorang prajurit. Dulunya bela diri digunakan sebagai latihan para prajurit sebelum berperang.

Namun, sekarang Periseian telah menjadi pertunjukan seni khas bagi masyarakat Lombok.

Periseian biasanya ditampilkan pada acara-acara besar di Lombok. Adapun Festival Periseian yang diadakan setiap tahunnya untuk melestarikan budaya bela diri satu ini.

baca juga:

Agenda Wisata dan Festival di Lombok 2019, Catat Yuk…

 

4. Pertunjukan Musik Slober

Pertunjukan musik Slober merupakan salah satu kesenian tua dari Lombok yang digagas oleh orang yang bernama Amaq Slober. Seni musik satu ini memiliki keunikan instrumen utamanya yaitu sebuah pelepah enau yang panjang.

Untuk menambahkan keramaian dan kekayaan musik, pertunjukan musik Slober diiringi juga dengan berbagai instrumen lainnya seperti gendang, suling, gambus, tamborin, petuk, dan gambus.

Pertunjukan musik Slober biasanya ditampilkan saat malam bulan purnama.

5. Begasingan

Berikutnya ada Begasingan, kegiatan permainan tradisional Lombok yang menarik dan unik. Permainan tradisional ini menggunakan sebuah gasing khas Lombok; sebuah gasing yang terbuat dari kayu asam dengan besi pada pinggirannya.

Permainan yang mengandung seni dan olahraga ini masih sering dihadirkan dalam kegiatan-kegiatan besar sebagai ajang ramah tamah.

Begasingan sendiri memiliki tujuan ketika ditampilkan, yaitu untuk saling menghormati antara masyarakat dan meningkatkan nilai kebersamaan yang telah di junjung tinggi sejak lama oleh para leluhur di Lombok.

6. Memaos

Seni sastra khas Lombok yang masih dibudayakan oleh masyarakat melalui sebuah kompetisi. Memaos merupakan seni membawakan cerita yang pada umumnya terdiri dari 3 hingga 4 orang.

Satu orang akan berperan sebagai pembaca cerita, satu orang lainnya menjadi pejangga, sementara sisa menjadi pendukung vokal dalam pertunjukan Memaos. Kompetisi Memaos masing sering diadakan untuk menanamkan nilai kebudayaan pada generasi penerus di Lombok agar Memaos tidak punah.

Itu tadi beberapa kesenian budaya khas Lombok yang unik dan menarik. Semoga anda cukup beruntung untuk bisa menyaksikan beberapa pertunjukan seni tersebut ketika sedang berlibur di Lombok.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.