6 Cara Bagaimana Indonesia Merayakan Hari Kemerdekaan

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia biasanya dilakukan sekitar bulan Agustus, dengan puncak acara akan terjadi pada tanggal 17 Agustus sebagai hari proklamasi negara ini.

Sebagian masyarakat akan secara resmi merayakannya dengan mengikuti upacara bendera, sementara yang lain turut memeriahkannya lewat kegiatan insidental.

Namun, selalu ada yang unik dalam perayaan kemerdekaan. Tahun demi tahun selalu ada kompetisi baru, pameran karya seni baru, atau pertunjukan baru untuk memeriahkan hari jadi negara. Lebih spesifik, bagaimana Indonesia merayakan hari kemerdekaan sudah terangkum di bawah ini.

  1. Upacara bendera

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, di semua tempat di seluruh Indonesia pasti akan melakukan kegiatan Upacara Bendera. Upacara 17 Agustus juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan sifat nasionalisme bagi setiap individu.

Dengan mengikuti upacara bendera, Anda akan dilatih untuk tertib dan disiplin. Dalam upacara bendera, setiap peserta harus mengikuti tata tertib dengan saksama.

Selain itu, para peserta menyaksikan pengibaran Bendera Indonesia dan mengenang jasa para pahlawan.

Upacara ini juga memiliki sejarah yang sangat kuat dan tidak boleh dilupakan oleh setiap warga negara Indonesia.

Dalam upacara ini, sebuah naskah yang sangat bersejarah bagi bangsa dibacakan atas nama bangsa Indonesia oleh seorang pemimpin yang sangat besar saat itu, Ir. Soekarno. Itu adalah langkah awal kemerdekaan Indonesia.

  1. Paskibraka

Di Indonesia, ada tim pengibar bendera yang terdiri dari remaja berusia 16 atau 17 tahun. Mereka terpilih menjadi anggota PASKIBRAKA melalui seleksi yang ketat.

Paskibraka adalah kependekan dari Pengibaran Bendera Pusaka dengan tugas utama mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Upacara tersebut biasanya diselenggarakan di tiga tempat seperti tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Walikota), Provinsi (Kantor Gubernur) dan Nasional (Istana Merdeka). Anggota harus berasal dari siswa SMA kelas 1 atau 2.

  1. Karnaval dan festival

Acara karnaval dan festival adalah agenda wajib untuk merayakan kemerdekaan. Karnaval perayaan kemerdekaan selalu diadakan di luar Jakarta.

Itu karena Presiden ingin seluruh rakyat Indonesia merayakan kemerdekaan bersama. Pada tahun 2015, perayaan yang sama diadakan di Pontianak dengan tema ‘Karnaval Khatulistiwa’.

Kemudian, pada tahun 2016 diadakan karnaval di Parapat dan Balige, Sumatera Utara dengan tajuk ‘Pesona Danau Toba’. Tahun 2017 bertempat di Ibukota Jawa Barat.

Sehingga kepemilikan perayaan tersebut dirasakan oleh masyarakat Indonesia di luar Jakarta. Selain itu, karnaval dan festival juga dilakukan di sebagian besar kota dan wilayah di seluruh Indonesia.

baca juga:

MERDEKA!!! Yuk, Intip Keseruan Momen Rayakan Hari Kemerdekaan di Dunia

 

  1. Pertandingan dan kompetisi yang unik

Di hari perayaan kemerdekaan, akan ada beberapa pertandingan dan kompetisi yang unik. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus merupakan momen yang membahagiakan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Untuk memeriahkannya, ada banyak pertandingan dan kompetisi yang biasa digelar. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kegembiraan bagi semua orang.

Dari pusat kota hingga pelosok desa biasanya akan banyak mengadakan pertandingan dan perlombaan. Pertandingan unik yang biasa dilakukan adalah balap karung, makan kerupuk, gigit koin, dan lain sebagainya.

  1. Mengenakan kostum unik

Tradisi merayakan kemerdekaan juga dilakukan dengan mengenakan kostum yang unik. Kostum tersebut biasanya sengaja didesain untuk menjadi yang paling kreatif dan performer terbaik.

Banyak masyarakat berlomba memakai kostum mereka untuk mengikuti sebuah lomba atau parade.

Kostumnya bisa bermacam-macam seperti kebaya, kostum tradisional, kostum veteran, kostum profesional untuk anak-anak, dan lain sebagainya.

Parade kostum ini umumnya diadakan di sebagian besar daerah di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menggambarkan keragaman budaya bangsa.

  1. Marching band

Cikal bakal marching band adalah dari grup drum band yang dibuat dengan tujuan untuk mengumpulkan massa.

Namun seiring berjalannya waktu fungsi drum band bergeser ke arah menghibur karena aspek musiknya yang menonjol, dari sinilah marching band muncul.

Band-band militer yang umumnya bertujuan untuk mengatur gerakan pasukan agar bisa berbaris rapi, menjadi awal dari terbentuknya marching band.

Marching band berkembang setelah Perang Dunia 2, di mana para veteran perang membuat korps musik memainkan lagu-lagu mars nostalgia sambil berparade keliling kota dalam upacara perayaan seperti kemerdekaan Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.