5 Fenomena Alam Aneh yang Membuktikan Planet Kita Itu Absurd

 

Sesekali, alam mengejutkan manusia dengan tampilan yang benar-benar aneh sehingga mengubah cara kita memandang planet ini, serta makhluk lain di dalamnya.

Di bawah ini adalah tujuh contoh fenomena alam yang luar biasa, mengingatkan kita tentang betapa anehnya bumi, kadang-kadang sulit dimengerti, dan luar biasa.

 

  1. Kambing Pohon Maroko.

traveller

Kita sudah sering mendengar pembahasan tentang keunikan domba. Bagaimanapun juga, domba sebagai spesies terlihat lebih kusam daripada Podcast Furnitur Antik Ben Stein. Namun, sepupu domba — kambing, ternyata memiliki beberapa hal yang mengejutkan.

Rupanya, kambing sungguh badass — khususnya kambing pohon Maroko, hewan yang hidup dari buah dan daun pohon Argan. Itu benar, kambing di Maroko merumput dan memanjat pohon.

Sekarang coba Anda bayangkan, ada ratusan pohon yang dihuni oleh koloni kamping, membentang di luasnya gurun Maroko. Ada ratusan kambing, bergantung di dahan, menunggu saat yang tepat untuk menyerang Anda.

Itu hanya sekadar fantasi, sesungguhnya sama sekali tidak ada kepastian bahwa kambing Maroko merencanakan serangan terkoordinasi dari atas pohon.

Hanya saja, mereka memiliki kapasitas untuk merencanakan serangan semacam itu karena telah mempelajari cara memanjat pohon. Selama ini, kita semua barangkali telah meremehkan kecerdasan mereka.

 

  1. Katak Menari India.

newsnationtv

Setidaknya ada 14 spesies baru “Katak Menari India” yang ditemukan beberapa tahun lalu, di mana pejantan dari spesies tersebut mencoba menarik pasangan melalui tarian kawin teraneh dan terkesan melar. Semacam yoga katak atau tendangan tinggi.

 

  1. Penitentes.

Penitentes adalah struktur salju dan es yang terbentuk di daerah dataran tinggi, seperti Andes, serta pertama kali diamati dan dijelaskan oleh Charles Darwin. Tingginya bisa mencapai 2 hingga 5 meter, berbentuk seperti bilah tipis atau tombak.

Penintentes mengarah ke arah matahari, dan itu bukan formasi tunggal. Ada medannya tersendiri di Andes. Jadi, apa kiranya yang menyebabkan fenomena semacam ini terjadi?

Pertama, udara di Andes sangat kering. Kedua, sublimasi. Sublimasi berarti panas matahari mengubah salju langsung menjadi uap, tanpa harus membuatnya cair terlebih dahulu.

Cara kerjanya adalah permukaan salju yang halus mengembangkan depresi kecil karena beberapa daerah secara acak menyublim lebih cepat daripada lainnya.

Pada saat itu, permukaan yang melengkung benar-benar membantu memusatkan panas matahari, dan mempercepat prosesnya, sehingga akhirnya meninggalkan hutan paku es setinggi enam kaki, tampak seperti dirancang oleh Antoni Gaudi.

 

Baca juga:

Biar Tak Kehabisan Ongkos, Begini Cara Hemat Biaya Travelling

 

  1. Larva Lalat Psikis, Pengendali Pikiran.

wikimedia

Setiap musim semi, larva lalat yang disebut Xenos vesparum masuk ke dalam tubuh dan otak Tawon Kertas Eropa. Bukan hal yang aneh bagi spesies parasit untuk memanipulasi pemikiran inangnya.

Salah satu contoh yang terkenal di internet adalah Toxoplasma gondii, yang mengubah otak tikus sehingga menjadi tertarik pada bau urin kucing.

Metode Xenon vesparum sedikit berbeda. Pertama, mereka membuat inang tawon menjadi tertutup dan melalaikan tanggung jawab terhadap sarangnya. Kemudian, Xenos vesparum melakukan sesuatu yang sangat luar biasa, yaitu menyampaikan arah ke tawon tentang lokasi tertentu, dan memerintahkannya untuk terbang ke sana.

Ketika tawon itu tiba, ia menemukan berton-ton tawon lain sudah ada di sana, semuanya dengan otak yang telah terinfeksi. Xenos vesparum jantan dan betina kemudian dapat berkumpul dan melakukan apa yang biasanya dilakukan oleh larva lalat dewasa.

Luar biasa, semua larva ini secara psikis dapat berkomunikasi satu sama lain tentang koordinat tempat yang belum pernah mereka kunjungi, sebelum mengendalikan inang tawon ke lokasi paling tepat.

 

  1. Tapir adalah Maniak Amfibi yang Tak Kenal Takut.

Tapir adalah hewan Amerika Selatan yang agak menyerupai babi berwajah koala. Kapan pun mereka mau, tapir akan berjalan ke danau atau sungai dan melalui dasar air seperti aturan tidak berlaku untuk spesies.

Hewan manis berwajah koala ini berlari di kedalaman air asin seperti mereka sedang berjalan-jalan santai. Fenomena tersebut mungkin saja mereka lakukan. Pasalnya, tapir adalah penguasa darat dan laut, yang tak kenal takut.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.