4 Event Yogyakarta November 2019 Bertema Seni dan Budaya

Yogyakarta merupakan kota di Indonesia yang masih kental dengan nuansa antik namun juga memiliki perkembangan menuju modernisasi yang seimbang. Nilai tradisional dan kebudayaan populer berpadu dengan harmonis di kota ini. Selain berbagai hiburan yang bisa anda temukan di tempat-tempat bersejarah dan kebudayaan tradisional, ada pula berbagai hiburan modern yang tak kalah menarik.

Mulai dari cafe-cafe yang unik dan berbagai pusat perbelanjaan. Yogyakarta pun selalu memiliki agenda event menarik setiap bulannya. Mulai dari konser musik, pertunjukan seni, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa agenda event Yogyakarta November 2019 yang patut anda kunjungi.

1. Japanese Film Festival 2019

Japanese Film Festival 2019 (JFF) akan diselenggarakan pada tanggal 19 hingga 23 November di Yogyakarta. Acara ini bekerja sama dengan Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

Bagi anda yang mengaku penggemar film, anda bisa menyaksikan berbagai judul film Jepang di JFF. Ada berbagai judul yang tidak tayang di bioskop lokal melalui festival berbudaya satu ini.

Akan ada berbagai film dari berbagai genre, mulai dari action, drama keluarga yang menyentuh, drama romantis, hingga animasi. Untuk jadwal film beserta sinopsisnya, anda bisa cek di website resmi event ini.

Adapun bintang tamu spesial dari JFF adalah Zara JKT48 sebagai duta JFF 2019 dan Yoshida Mikako, aktris cantik dari Jepang yang bermain dalam film “Angel Sign”, salah satu line up dalam JFF.

Tak hanya di Yogyakarta, event ini akan diadakan di 4 kota besar lainnya; Surabaya, Bandung, Jakarta, dan Makassar. Setiap festival diadakan secara bergilir dengan berbagai judul film Jepang yang berbeda.

2. Ngayogjazz 2019

Bagi anda yang menyukai musik jazz, wajib menghadiri konser musik Ngayogjazz pada 16 November mendatang. Konser musik ini akan berlangsung di Padukuhan Kwagon, Desa Sidorejo, Godean di Yogyakarta. Konser ini merupakan konser tahunan dengan usia yang cukup lama yaitu pertama kali diadakan pada tahun 2007.

Tahun ini Ngayogjazz menganut tema “Satu Nusa, Satu Jazznya”. Tak hanya musisi jazz lokal, ada juga berbagai line up musisi luar negeri yang tampil di konser ini. Untuk musisi Indonesia terkenal yang akan tampil dalam konser ini diantaranya; Dewa Budjana, Tompi, Mus Mujiono, Didi Kempot dan Soimah, serta masih beberapa musisi lokal lainnya.

Musisi dari luar negeri yang akan memeriahkan konser ini berasal dari Jepang, Perancis, Belanda, Spanyol, dan Amerika Serikat.

3. Pacuan Kuda Piala Raja HB X Cup Tingkat Nasional 2019

Berikutnya ada event Pacuan Kuda Piala Raja HB X Cup Tingkat Nasional 2019 yang akan diselenggarakan pada 16 hingga 17 November mendatang di Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung Bantul.

Dalam acara ini, anda bisa melihat lomba pacuan kuda yang seru. Acara ini diselenggarakan langsung oleh Dinas Pariwisata Yogyakarta dan Pordasi. Bagi anda yang mungkin memiliki keahlian berkuda, anda juga bisa berpartisipasi dalam lomba ini. Datang saja sebagai penonton juga akan terasa menyenangkan.

Acara yang digelar selama dua hari ini tidak hanya sekedar lomba pacuan kuda saja. Ada festival andong, kendaraan tradisional dengan tenaga kuda, yang menarik dan seru. Adapula penampilan dari Hasoe Angels dan Uut Selly untuk memeriahkan acara ini.

Pacuan Kuda Piala Raja HB X Cup Tingkat Nasional 2019 merupakan acara gratis bagi anda yang datang sebagai pengunjung!

baca juga:

Tak Khawatir Kehabisan Ongkos, 5 Kota Amerika yang Tawarkan Makanan Murah

 

4. 7th ASEAN Traditional Textile Symposium 2019

Berikutnya ada event tingkat internasional yaitu 7th ASEAN Traditional Textile Symposium 2019 (ATTS) yang akan berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 4 hingga 8 November 2019. Acara akan diselenggarakan di The Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta.

Kesempatan ini merupakan pertama kalinya untuk Indonesia sebagai tuan rumah ASEAN Traditional Textile Symposium. Dengan tema “Embracing Change, Honoring Traditions”, ATTS 2019 hendak memperkenalkan teknik kesenian tekstil wastra Nusantara pada dunia sekaligus generasi milenial.

Wastra sendiri merupakan sebuah teknik pewarnaan dan motif pada kain khas Nusantara seperti motif batik yang telah mendunia.

Tak hanya simposium biasa, peserta akan diajak mengunjungi beberapa lokasi wisata di Yogyakarta dan melihat pameran wastra. Adapun kompetisi yang diadakan dalam ATTS 2019 adalah kompetisi fotografi dan kerajinan wastra.

Itu tadi berbagai agenda event Yogyakarta November 2019 seputar pertunjukan seni dan acara budaya yang bisa anda hadiri.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.