3 Festival Tahunan di Malang yang Paling Populer dan Ditunggu Wisatawan

Seperti sejumlah kota – kota lain di seluruh dunia, kota Malang, Jawa Timur juga memiliki agenda tahunan yang menarik untuk menjaring perhatian wisatawan domestik dan luar negeri.

Mulai dari festival parade seni rangkai bunga, parade fashion bunga, serta festival musik Jazz dan anek spot instagenik yang ada di kawasan Festival Malang Tempoe Doeloe.

Seringkali agenda tahunan ini menjadi momen yang dinanti – nanti oleh warga masyarakat Malang dan sekitarnya. Bahkan, hingga kota – kota lain di sekitar Malang.

Selama festival dan parade berlangsung, umumnya digelar 7 – 10 hari. Warga masyarakat Malang akan berduyun – duyun untuk datang dan menyaksikan keseruan acara yang berlangsung.

Perekonomian dan bisnis di kota Malang juga bakal meningkat. Karena ada banyak stand dan booth yang didirikan oleh para pedagang musiman di sekitar pusat keramaian festival.

Untuk mencari tahu informasi selengkapnya tentang agenda dan jadwal acara festival tahunan di Malang, kamu bisa memantau website resmi dinas pariwisata kota Malang.

Selain itu, berikut ulasan 3 festival tahunan di Malang yang paling populer, agar kamu jangan melewatkan untuk megunjungi:

Malang Flower Carnival

Travel – Tempo.co

Sesuai dengan namanya, festival ini menyajikan beragam kostum dengan tema bunga. Sekilas mirip dengan Jember Fashion Carnaval, hanya saja parade yang satu ini berada di Kota Malang. Peserta yang ikut tak hanya berasal dari Kota Malang itu sendiri.

Melainkan ada yang berasal dari beragam kota besar yang ada di Indonesia, seperti Surabaya, Yogyakarta, Blitar, Banyuwangi, Jember hingga Bali. Untuk tahun ini, hadiah yang diberikan bisa dikatakan cukup besar, yakni sebesar Rp 40 juta untuk 13 pemenang. Acara ini sudah digelar selama 7 kali dan dihadiri banyak pejabat besar, salahsatunya adalah Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty.

 

Pengunjung yang datang tak hanya disuguhkan pemandangan berupa para model yang berlenggak – lenggok dengan memakai kostum cosplay, namun terdapat pula marching band yang semakin memeriahkan suasana. Menariknya, setiap tahun peserta Malang Flower Carnival selalu meningkat, sehingga rugi jika anda melewatkannya. Yuk, tambahkan Malang sebagai destinasi wisata yang ingin anda kunjungi!

Baca juga:

Malang Jazz Festival

YouTube.com

 

Event selanjutnya yang tak pernah absen memeriahkan Kota Malang adalah Malang Jazz Festival. Malang Jazz Festival adalah festival tahunan acara musik jazz yang digelar dengan tema yang berbeda tiap tahunnya. Tak hanya musisi – musisi papan atas yang siap menghibur anda, para musisi lokal asal Malang juga turut menyajikan performanya. Bagi anda yang menyukai musik dan gemar melancong, datang ke Malang Jazz Festival ketika jalan – jalan ke Malang bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Tahun ini beberapa nama musisi Ibu Kota seperti Sheila on 7, Teza Sumendra, Syaharani & Queenfireworks, Dwiki Dharmawan, Pra Budi Darma dan The Overtunes yang mendapat giliran menjadi bintang tamu. Seperti konser pada umumnya, Malang Jazz Festival memiliki pilihan kelas tempat duduk yakni VIP 1, VIP 2, Festival A dan Festival B. Harga tiket yang dipatok tentunya sesuai dengan kelas yang ditawarkan, jadi jangan lupa untuk siapkan budget ya.

 

Malang Tempo Doeloe

viva.co.id

 

Sama halnya dengan Malang Flower Carnival, anda tak perlu merogoh kocek untuk bisa menikmati festival ini. Malang Tempo Doeloe merupakan event tahunan yang memiliki mengusung konsep lawas atau vintage Kota Malang pada masa silam. Uniknya, saat pertama kali digelar sekitar 7 tahun lalu, acara ini mewajibkan siapapun yang datang harus menggunakan kostum jaman dahulu.

Sayangnya aturan tersebut mulai pudar sehingga tak perlu heran bila akan sedikit sekali orang yang mengenakan kostum jadul. Tema yang hadirkan tiap tahun pun selalu berbeda, sehingga akan memberikan warna dan kesan tersendiri. Beragam stand makanan, spot foto dan papan informasi yang mengenai sejarah singkat beberapa tempat di Kota Malang. Event yang biasa disingkat dengan MTD ini selalu disambut antusias masyarakat lokal maupun luar Malang, itung – itung menghabiskan waktu bersantai sembari bernostalgia suasana Malang tempo dulu.

***

Pastikan Jari Adventure sebagai peneman liburanmu di kota Malang. Akomodasi, transportasi dan tour ke tempat destinasi menarik dengan harga paket liburan ke Malang yang hemat dan kompetitif.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *