10 Hal Menakjubkan di Bali yang Bakal Bikin Kamu Geleng – geleng Kepala & Melongo

Pada dasarnya ada keunikan di setiap daerah yang ada di Indonesia. Tapi, kalau bicara tentang hal yang eksentrik dan nyeleneh, maka Bali Never Ending Stories bakal punya banyak cerita seru dan aneh yang bisa jadi oleh – olehmu sepulang liburan. Seperti ulasan berikut tentang 10 hal menakjubkan yang tak akan pernah bisa kamu jumpai di tempat mana pun, selain Bali:

Kebanyakan umat yang mengikuti ritual Pengerebongan di Pura Petilan Kesiman bakal kesurupan

Pinterest.com

Jika umumnya kamu melihat umat agama beribadah untuk menghindari gangguan makhluk tak kasat mata, maka di Pura Petilan Kesiman tepatnya saat ritual Pengerebongan, justru kebanyakan umat yang mengikuti ritual akan dilanda kesurupan massal.

Tak peduli, laki – laki atau perempuan, mereka akan hilang kesadaran dan berubah histeris dan kadang sulit dikendalikan. Ada yang menangis, menjerit – jerit, menari sambil mata terpejam, hingga yang paling unik, berteriak marah sembari menusukkan keris ke lehernya. Ajaibnya, tidak ada luka atau lecet sedikit pun meskipun kulit tertusuk benda tajam.

Desa Penetralisir Bau Mayat di Taru Menyan, Kintamani

mba-sensational.com

Sesuatu yang tidak umum bakal kamu jumpai ketika bertandang ke Desa Trunyan di Kintamani. Jika umumnya, warga yang meninggal akan dilakukan pemakaman ataupun dibakar dengan upacara Ngaben, maka di Kintamani, warga akan digeletakkan di bawah pohon yang ada di sebuah hutan Taru Menyan.

Lambat laun, jenazah akan berubah menjadi tengkorak dan tulang belulang. Yang paling magis, tidak ada bau busuk atau bau anyir apa pun. Konon, berkat pohon Taru Menyan di hutan tersebut yang menangkis semua aroma busuk dari jenazah sehingga kondisi udara tetap normal seperti biasa meski banyak mayat – mayat yang diletakkan di bawah pohon.

Baca juga:

Seksinya Daun Berguguran, Lihat Keindahan 6 Tempat Wisata Musim Gugur Ini

Kintamani punya ras anjing yang unik dan spesial

Balipedia.com

Satu lagi keunikan Bali yang bisa kamu catat, yaitu sebuah ras anjing yang mungil dan menggemaskan. Sesuai namanya, anjing Kintamani dikembangkan di desa Kintamani. Bulunya lebat dan mudah menyesuaikan diri dengan suhu udara yang dingin. Selain itu, postur dan bentuk wajah anjing Kintamani, sangat mirip dengan sosok anjing heroik dari Jepang bernama Hachiko.

Ritual menghantarkan jenazah ke nirwana dengan cara dibakar

news4europe.eu

Kamu pasti sudah pernah mendengar tentang upacara Ngaben. Ini adalah prosesi pembakaran mayat sebagai simbol mengantarkan abu ke udara hingga sampai di nirwana.

Sebelum upacara berlangsung, keluarga jenazah akan mempersiapkan segala keperluan. Seperti replika rumah dan hewan ternak seperti lembu. Konon, jika replika ini ikut dibakar, maka bisa menjadi bekal sang jenazah hidup mapan di nirwana. Salah satu lokasi yang sering jadi tempat Ngaben ada di Puri Ubud.

Berenang bersama ikan raksasa yang sudah langka, berani?

Dive Compare.com

Ikan purba yang berukuran raksasa, ternyata tidak sekadar cerita film atau kisah novel. Ini benar – benar ada. Datang saja ke Pulau Nusa Penida tepatnya di Crystal Bay. Sunfish atau ikan mola –mola kerap muncul untuk berjemur pada pertengan tahun, tepatnya bulan Agustus hingga Oktober. Jika beruntung, penyelam bisa berfoto bareng ikan raksasa yang ramah ini.

Ikut mengantri di tempat praktik ramal garis tangan Ketut Liyer

The Womag.com

Populer karena film dan buku novel “Eat, Pray, Love” yang ditulis oleh Elizabeth Gilbert. Seorang tokoh peramal senior bernama Ketut Liyer kini menjadi salah satu target wisatawan untuk berkunjung ke Ubud. Selain meramal garis tangan, Ketut Liyer juga melihat lengan dan tengkuk. Di sela – sela ramalan, sosok yang humoris ini bakal melemparkan candaan yang akan membuatmu tergelak. Pantas saja, jam praktik ramal pada 09.00, sudah dipenuhi antrian panjang sejak pukul 08.00 waktu setempat.

Di tempat lain berciuman di depan umum mungkin tabu. Tapi di Bali, malah ada kemeriahan festival adu bibir antara pemuda dan pemudi Banjar Kaja Sesetan

sibukforever.blogspot

 

Dengan diusung di atas pundak dan diguyur air hingga basah kuyup, pemuda dan pemudi dari Banjar Kaja Sesetan akan dipertemukan untuk (maap) beradu bibir alias berciuman. Konon, perayaan meriah ini digelar untuk menolak balak yang bisa menimpa desa. Biasanya digelar satu hari setelah perayaan Nyepi. Alhasil, fenomena unik ini bakal menyedot perhatian wisatawan asing dan domestik.

***

Mau menjelajahi keunikan Bali satu per satu? Boleh saja. Pastikan dahulu semua persiapan perjalanan wisata ke Bali sudah siap. Hubungi agen wisata Jari Adventure yang akan mengurus segala akomodasi, dan kebutuhan wisatamu sesuai budget dan bebas ribet.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *